05 Juli, 2019

DLH Menjamin Limbah PT Promed Aman Bagi Lingkungan

Wartawan Aep Saepudin (KOWASI)
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi menjamin limbah yang berasal dari pabrik PT Promed Rahardjo Farmasi Industri (PRFI) yang terletak di Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda tidak membahayakan lingkungan. Karena sudah melewati proses pengolahan yang mememuhi baku mutu, limbah tersebut tidak mencemari permukiman warga yang tinggal sekitar pabrik PT PRFI.
"Kami sudah turun ke lapangan ketika muncul protes dari warga terkait dugaan pencemaran lingkungan oleh limbah dari pabrik PT PRPI. Berdasarkan pemeriksaan di lapangan, kami tidak menemukan aliran limbah yang mengandung zat kimia berbahaya ke permukiman warga,” kata Kepala DLH Kabupaten Sukabumi, Hj. Dedah Herlina seusai rapat di aula Dinas Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sukabumi, Jalan Cipanengah Kota Sukabumi, Jumat (5/7/2019).
Dalam pemeriksaan di lapangan, ujar Dedah, DLH melibatkan  unsur pemerintahan kecamatan dan desa setempat serta warga yang menyampaikan protes dan pengaduan. Dengan demikian, hasil pemeriksaan di lokasi yang dilaporkan warga dapat disaksikan bersama-sama oleh tim dan berbagai unsur yang ikut ke lapangan.
“Berdasarkan pemeriksaan di lapangan, dugaan pencemaran muncul setelah ada orang yang membakar sampah di belakang pabrik tersebut. Pembakaran sampah itu menimbulkan kebocoran pada saluran air limbah sehingga air limbah mengalir ke permukiman warga. Pengelola pabrik telah memperbaiki pipa yang bocor tersebut sehingga tidak ada masalah,” kata Dedah.
Ketika terjadi kebocoran pada saluran air limbah, warga menjadi resah karena mereka mengira limbah yang mengalir mengandung zat kimia berbahaya. Padahal, kata Dedah, limbah tersebut tidak mengandung zat kimia yang berbahaya karena telah melewati pengolahan di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)  yang memenuhi standar dan telah memenuhi baku mutu.
“Saat terjadi kebocoran tersebut,  tidak ada limbah dari pabrik PT PRFI yang mengalir ke permukiman warga yang mengandung zat kimia berbahaya. Sebab limbah cair tersebut telah melalui proses pengolahan di IPAL. Jadi kami pastikan limbah itu aman bagi warga,” ujarnya.  



Dedah pun mengimbau masyarakat yang tinggal di dekat pabrik PT PRFI agar tidak resah dan khawatir terhadap limbah dari pabrik tersebut. Kebocoran saluran air limbah telah diperbaiki dan air limbah yang dialirkan dari pabrik telah melalui pengolahan di IPAL. (*)
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Banner IDwebhost

Label

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Sample Text

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.